MUI Haramkan Uang Kripto
MUI Haramkan Uang Kripto
cryptocurrency-1000x548-1 Media Asing Beritakan Keputusan MUI Haramkan Uang Kripto
MUI Haramkan Uang Kripto

Triznesia.com – Keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan mata uang kripto juga di beritakan sejumlah media asing. Keputusan MUI itu berdasarkan hasil Ijtima Ulama ke-7 Komisi Fatwa MUI yang berakhir beberapa waktu lalu.

Salah satu media luar yang memberitakan keputusan MUI itu adalah Bloomberg. Bloomberg membuat judul Crypto Is Forbidden for Muslims, Indonesia’s National Religious Council Rules, yang bisa di artikan: Kripto Terlarang Bagi Muslim, Peraturan Majelis Ulama Indonesia.

“Majelis Ulama Indonesia telah menganggap mata uang kripto haram atau di larang karena memiliki unsur ketidakpastian, taruhan, dan bahaya,” tulis Bloomberg mengutip pernyataan Sekretaris Komisi Fatwa MUI.

Lebih lanjut, dalam pemberitaannya, Bloomberg pun membandingkan sikap MUI dengan sejumlah negara mayoritas Muslim lainnya.

“Sikap para pemimpin agama di Indonesia berbeda dengan rekan-rekan mereka di negara-negara mayoritas Muslim lainnya. Uni Emirat Arab telah mengizinkan perdagangan kripto di zona bebas Dubai, sementara Bahrain telah mendukung aset kripto sejak 2019,” seperti di sitir dari media yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu Jumat (12/11/2021).

Menurut Bloomberg transaksi kripto di Indonesia mencapai Rp370 triliun atau USD26 miliar dalam lima bulan pertama tahun ini, masih merupakan sebagian kecil dari pasar global yang mencapai sekitar USD3 triliun.

Media lain yang memberitakan keputusan MUI itu adalah Reuters dengan judul Indonesian Islamic Body Forbids Crypto as Currency yang jika di artikan Lembaga Islam Indonesia Melarang Kripto Sebagai Mata Uang.