Ilustrasi Banjir
60251-genangan-banjir-di-kawasan-permukiman-warga-di-cawang-jaktim-suaracomfakhri Gubernur DKI Targetkan 6 Jam Banjir Surut Usai Hujan Berhenti
Ilustrasi Banjir

TRIZNESIA.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan banjir surut dalam waktu 6 jam. Namun banjir Jakarta terkadang surut melebihi dari target. 

“Terkait pengeringannya. Pompa-pompa disiapkan untuk sebuah kawasan yang tergenang untuk bisa ditarik, dikeringkan dengan target operasi 6 jam sesudah hujan berhenti atau 6 jam sesudah sungai surut,” kata Anies kepada wartawan, Minggu (14/11/2021).

Anies menjelaskan petugas kerap menemukan kondisi aliran sungai tetap tinggi meski hujan sudah berhenti. Hal itu yang jadi salah satu fakta banjir lama untuk surut.

“Sering kita temukan sungainya tidak surut, karena itulah menjadi lama, karena aliran airnya masih terus berjalan. Tapi begitu sungai surut maka kita targetkan 6 jam untuk bisa tempat itu kering,” ucapnya.

Baca juga : SMA Negeri 1 Lembang Diterjang Banjir Bandang

Selain itu, Anies meminta petugas sigap mengevakuasi warga menuju pengungsian. Pemprov DKI menjamin tenda-tenda pengungsian yang di siapkan sesuai dengan standar protokol kesehatan COVID-19.

“Karena itu, ada tenda-tenda untuk warga tinggal dan tendanya di siapkan saat ini sesuai dengan kondisi pandemi sehingga menghindarkan penularan jika sampai ada kasus di tempat-tempat yang sedang mengalami isolasi,” jelasnya.

“Jadi itu targetnya, kita bekerja dengan ukuran satu keselamatan, dua kecepatan untuk bisa mengeringkan sebuah wilayah,” sambungnya.

Saat ini hujan ekstrem terjadi dalam beberapa waktu terakhir, terdapat sejumlah titik genangan dan air di sejumlah wilayah Jakarta. Bahkan banjir di beberapa wilayah tak kunjung surut dalam waktu 6 jam.

Baca juga : Banjir Rendam Lebih dari 100 Rumah di Gresik Akibat Kali Lamong Meluap

Seperti yang terjadi di RT 13 RW 4 Kebon Pala, Jakarta Timur, pada Senin (1/11) lalu. Banjir akibat luapan Sungai Ciliwung itu merendam rumah warga selama 3 hari.

Dan pada Senin (8/11), banjir kembali melanda sejumlah kawasan bantaran Sungai Ciliwung.

Merujuk pada data BPBD DKI Jakarta pada Senin (8/11), per pukul 06.00 WIB, 09.00 WIB, dan 12.00 WIB, wilayah yang terendam meliputi Kelurahan Cililitan, Kelurahan Cawang, Kelurahan Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Dari laporan BPBD DKI itu, terlihat banjir di kawasan tersebut tak kunjung surut dalam waktu 6 jam. Salah satunya di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Pada pukul 06.00 WIB, ketinggian air banjir mencapai 2,6 meter. Per pukul 12.00 WIB, genangan setinggi 1,4 meter masih merendam wilayah tersebut.

Kawasan lainnya di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Pada pukul 06.00 WIB, ketinggian air mencapai 2 meter. Dan pada pukul 12.00 WIB menurun menjadi 1,7 meter.