Nirina Zubir
nirina-845956 Notaris Ina Rosiana yang Terjerat Kasus Mafia Tanah Keluarga Nirina Zubir
Nirina Zubir

TRIZNESIA.COM – Tersangka kasus mafia tanah, Ina Rosiana, akan ditahan dan diamankan setelah dijemput paksa oleh penyidik Subdit Harda Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. 

“Ina pasti ditahan,” kata Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Petrus Silalahi saat dikonfirmasi, Selasa (23/11). 

Ina Rosiana dan Erwin Riduan dijemput paksa oleh penyidik Subdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya terkait kasus mafia tanah Nirina Zubir. Hal tersebut menyusul kedua tersangka itu tak kunjung hadir dalam agenda pemeriksaan sebagai tersangka, padahal polisi telah melakukan dua kali pemanggilan kepada keduanya.

Baca juga : Nirina Zubir Tipu Rp. 17 Miliar Oleh ART

“Untuk notaris Ina Rosiana telah ditangkap di apartemen Kalibata,” kata Petrus. 

Sampai saat ini polisi belum menemukan keberadaan Erwin Riduan. Diduga, Erwin kabur saat polisi melakukan penjemputan paksa. 

“Untuk notaris Erwin Riduan belum ditemukan pada alamat yang dicari,” ujar Petrus. “Iya (diduga kabur). Kami menduga seperti itu karena tidak ada alasan yang patut dan layak,” tambahnya. 

Walaupun demikian, pihak kepolisian akan terus mencari keberadaan Erwin. 

“Untuk Erwin, masih kami cari terus. Nanti akan kami masukkan (DPO),” kata Petrus. 

Adapun Ina dan Erwin diagendakan untuk diperiksa sebagai tersangka pada 17 November dan 22 November 2021 di Polda Metro Jaya. Namun pada Rabu (17/11), keduanya melayangkan surat permintaan penundaan pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Baca juga : Temuan Baru Kecelakaan Maut Vanessa Angel

Akan tetapi di agenda pemanggilan kedua, Ina dan Erwin tak jua hadir. Sejauh ini, akun PPAT milik Ina Rosiana dan Erwin Riduan telah dinonaktifkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI. 

Sebelumnya, Nirina Zubir menjadi korban mafia tanah dan mengalami kerugian mencapai Rp 17 miliar. Kejadian yang menimpa ibunda Nirina Zubir, Cut Indria Martini baru diketahui saat ibunda Nirina Zubir telah wafat 2 tahun yang lalu. Peristiwa itu berawal dari Cut Indria Martini yang menduga surat-surat tanah miliknya hilang. Dia pun meminta tolong kepada asisten rumah tangganya (ART) Riri Khasmita untuk mencarikan surat tersebut.

“Dia minta tolong sama ART untuk dibantukan, diurus suratnya. Alih-alih diurus, tetapi ternyata dia diam-diam menukar semua surat dengan namanya pribadi yakni Riri Khasmita dari Bukti Tinggi bersama suaminya,” ujar Nirina di kawasan Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (17/11). 

Saat ini, Riri Khasmita dan sang suami serta tiga orang lainnya yang merupakan oknum PPAT telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan mafia tanah. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 263, 264, 266, dan 372.