Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia
Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia

TRIZNESIA.COM – Salah satu kota di Israel, Tel Aviv, di nobatkan sebagai kota termahal di dunia jika di peruntukkan untuk tempat tinggal. Hal ini terjadi karena adanya inflasi yang melonjak, serta masalah rantai pasokan yang membuat harga secara global naik.

Dalam survei Economist Intelligence Unit (EIU), Tel Aviv pertama kalinya menduduki urutan pertama, itu karena tahun lalu kota itu menempati posisi kelima.

Dilansir BBC, Tel Aviv mendepak Paris yang turun ke posisi kedua bersama dengan Singapura.Peringkat ini merupakan hasil dari data yang dikumpulkan dari survei pada bulan Agustus dan September.

EIU melakukan survei dengan membandingkan biaya untuk barang dan jasa di 173 kota menggunakan dolar Amerika Serikat.

Naiknya Tel Aviv ke posisi puncak dikarenakan melonjaknya mata uang Israel, syikal, terhadap dolar Amerika Serikat. Harga barang lokal meningkat sebanyak 10 persen, terutama bahan makanan.

Baca Juga: 3 Kota Wisata di Dunia Yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi Mereda

Untuk transportasi dan alkohol, Tel Aviv menempati posisi kedua. Bukan cuma itu, Tel Aviv juga menempati posisi kelima untuk barang perawatan pribadi, dan urutan keenam untuk rekreasi.

Wali Kota Tel Aviv, Ron Huldai, membeberkan jika kenaikan harga properti tidak termasuk dalam perhitungan EIU, tandanya kota itu sedang menuju “ledakan”.

“Tel Aviv akan menjadi semakin mahal, sama seperti negara di seluruh dunia pun juga akan menjadi lebih mahal,” kata Ron Huldai, seperti dikutip dari BBC.

“Masalah mendasarnya adalah di Israel tidak ada pusat metropolitan alternatif. Di Amerika Serikat, ada New York, Chicago, Miami, dan sebagainya. Di Inggris, ada Greater London, Manchester, dan Liverpool. Di sana Anda dapat pindah ke kota lain, jika biaya hidup terlalu berat,” tambah Ron Huldai.