Gambar Ilustrasi

TRIZNESIA.COM – Agar proses keberangkatan dan liburanmu berjalan lancar tanpa adanya masalah, beberapa kesalahan ini sebaiknya dihindari saat melewati pengecekan keamanan di bandara. Bandara merupakan salah satu tempat tersibuk. Selain karena ramai oleh penumpang yang datang atau pergi, proses pengecekan keamanan dan antrean di bandara bisa membuat kalian cepat merasa lelah. Akibatnya, kamu pasti akan mudah stres dan merasakan suasana hati yang tidak enak selama di bandara. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu hindari agar kamu tidak kelelahan saat melewati semua proses pengecekan di bandara.

Berikut ini beberapa kesalahan yang bisa kamu hindari saat melewati keamanan bandara, agar lebih lancar serta hemat waktuberdasarkan Travel + Leisure.

Tidak menyiapkan dokumen yang dibutuhkan 

Kamu tidak akan bisa melewati keamanan bandara jika tidak menunjukkan tanda pengenal, boarding pass, hasil negative tes Covid-19, atau paspor jika bepergian ke luar negeri. Jangan menghambat dan membuat pengecekan menjadi lebih lama karena kamu belum menyiapkan dokumen penting saat sudah di depan petugas. Periksa juga persyaratan validitas dokumen dan sebaiknya simpan di tempat yang mudah dijangkau.

Tergesa-gesa karena tidak meluangkan waktu 

Beberapa bandara memiliki tingkat kesibukan yang tinggi karena jumlah banyaknya jumlah penumpang. Sehingga, tidak ada yang bisa berapa memastikan berapa lama durasi waktu yang tepat untuk menyelesaikan semua administrasi bandara. Maka, datanglah lebih awal ke bandara agar tidak terburu-buru jika ternyata kondisi ramai dan waktu keberangkatan sudah dekat. Setidaknya, kamu bisa datang dua jam sebelum penerbangan, bahkan tiga jam untuk penerbangan ke luar negeri.

Baca juga : 3 Kota Wisata di Dunia Yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi Mereda

Tidak mengemas barang penting dalam satu tempat 

Menyimpan barang-barang penting yang diperlukan saat pengecekan di tempat yang sulit diambil. Simpanlah boarding pass, kartu tanda pengenal, paspor atau dokumen penting lain, dan ponsel di dalam saku atau bagian luar tas. Jadi saat melalui beberapa tahap pengecekan di bandara, kamu lebih mudah mengambilnya. Selain itu, pastikan untuk mengecek semua peraturan terkait barang apa saja yang bisa dan tidak bisa dibawa ke dalam kabin. 

Membawa barang-barang terlarang 

Beberapa traveller, apalagi pemula, seringkali tidak sadar jika mereka membawa barang-barang yang dilarang di kabin pesawat. Misalnya seperti powerbank, rokok, korek api, pisau, dan gunting. Jika alarm menyala saat pemeriksaan, tentu risikonya bisa menambah waktu pengecekan dan menghambat antrean. Selain hanya membawa barang-barang yang diizinkan, kemas barang bawaan dengan seefektif dan sesimpel mungkin agar tidak ada yang tertinggal.

Memilih antrean yang tidak strategis 

Kesalahan berikutnya adalah memilih antrean yang terlalu panjang saat pengecekan keamanan. Usahakan cepat dalam melihat peluang dan menentukan barisan yang tepat. Sebaiknya, hindari antrian berisi keluarga besar yang membawa anak-anak karena biasanya mereka lebih membutuhkan banyak waktu. 

Memilih bagian pengecekan yang diisi banyak petugas. 

Melansir dari The Sun, salah satu tips agar cepat melewati pemeriksaan keamanan bandara adalah dengan memilih bagian yang paling sedikit ada petugas. Alasannya, ada kemungkinan terdapat petugas yang masih pelatihan, sehingga waktu pemeriksaan juga akan semakin lama. 

Membuat komentar atau gerak-gerik mencurigakan 

Terakhir, jangan pernah membuat komentar seperti lelucon atau perilaku yang tidak seharusnya. Seperti bercanda tentang bom atau berpura-pura seperti membawa senjata, karena hal ini bisa memicu kecurigaan petugas.