Gambar Ilustrasi

TRIZNESIA.COM – Hari ini Piala AFF 2020, Selasa (14/12/2021), akan melangsungkan pertandingan dari Filipina vs Thailand dan Singapura vs Timor Leste. Kedua pertandingan itu merupakan bagian dari matchday keempat Grup A Piala AFF 2020.

Pertandingan melawan Singapura sudah tidak berarti lagi untuk Timor Leste. The Rising Sun, julukan timnas Timor Leste, sudah dipastikan tersingkir setelah menelan tiga kekalahan beruntun dari pertandingan sebelumnya melawan Thailand, Myanmar, dan Filipina. Performa Timor Leste asuhan Fabio Magrao sangat buruk karena belum mencetak gol dan sudah kebobolan 11 kali dari tiga pertandingan.

Dengan melihat statistik di atas, Singapura diprediksi tidak akan menemui halangan berarti untuk mengalahkan Timor Leste bahkan akan memenangi pertandingan dengan skor besar. Jika berhasil mengalahkan Timor Leste, Singapura asuhan Tatsuma Yoshida dipastikan akan lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Kepastian itu tidak lepas dari kondisi klasemen Grup A Piala AFF 2020 hingga matchday ketiga.

Baca juga : Piala AFF 2020: Timnas Indonesia vs Kamboja 4-2

Saat ini, Thailand selaku tim tersukses dalam sejarah Piala AFF 2020 untuk sementara memimpin klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dari dua laga. Jumlah pertandingan dan koleksi poin Thailand sebenarnya identik dengan Singapura yang menguntit di urutan kedua klasemen Grup A. Tetapi, Thailand lebih berhak menempati puncak klasemen Grup A karena unggul selisih gol atas Singapura.

Adapun pos ketiga klasemen Grup A Piala AFF 2020 ditempati oleh Filipina yang baru mengoleksi tiga poin dari dua laga. Filipina menempati peringkat ketiga tepat di atas Myanmar (3 poin) dan Timor Leste (0) yang sudah bertanding tiga kali. Dengan kondisi klasemen Grup A saat ini, Filipina wajib mengalahkan Thailand jika ingin memperpanjang napas mereka di Piala AFF 2020. Melihat kondisi klasemen dan jadwal matchday keempat Grup A, Filipina asuhan Stewart Hall bisa dikatakan di ujung tanduk. 

Sebab, jika kalah dari Thailand sementara pada laga lain Singapura berhasil melibas Timor Leste, Filipina dipastikan akan langsung tersingkir. Intinya, Filipina wajib menghindari kekalahan dari Thailand jika masih ingin bertahan di Piala AFF 2020. Jika Thailand dan Singapura berhasil mengalahkan lawan-lawannya hari ini, persaingan perebutan dua tiket semifinal Piala AFF 2020 dari Grup A dipastikan berakhir. Sementara itu, matchday keempat Grup B akan digelar pada Rabu (15/12/2021)  dengan menyajikan laga timnas Indonesia vs Vietnam dan Kamboja vs Laos.

Adapun laga timnas Indonesia vs Vietnam dalam jadwal Piala AFF pekan ini akan dimulai pada Rabu malam pukul 19.30 WIB. Berikut adalah jadwal Piala AFF 2020 pada matchday keempat: 

Selasa (14/12/2021) 16.30 WIB – Filipina Vs Thailand ; 19.30 WIB – Singapura Vs Timor Leste 

Rabu (15/12/2021) 16.30 WIB – Kamboja vs Laos ; 19.30 WIB – Indonesia vs Vietnam