Elkan Baggott 
Elkan Baggott 

TRIZNESIA.COM – Elkan Baggott dipastikan absen saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada laga ketiga babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Rabu, 15 Desember 2021.

Elkan Baggott  yang sebelumnya sudah bermain saat Indonesia mengalahkan Laos 5-1 pada Minggu, mendapatkan surat dari pemerintah Singapura melalui Kementerian Kesehatan untuk melakukan karantina hingga 18 Desember.

Pemain Ipswich Town itu mendadak di wajibkan menjalani karantina karena saat terbang dari London ke Singapura pada Selasa, 7 Desember, ada penumpang yang positif Covid-19 varian baru Omicron yang satu pesawat dengannya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sempat berupaya agar Elkan bisa di mainkan saat menghadapi Vietnam. Dia menelepon Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, untuk membantu persoalan Elkan. 

“Saya menyayangkan aturan ini. Elkan sudah bermain saat lawan Laos. Harusnya kalau mau di karantina kan dari awal sebelum melawan Laos. Lagi pula yang bersangkutan sudah di PCR (Polymerase Chain Reaction) hasilnya negatif,” kata Iriawan, seperti di kutip dari situs resmi klub, Selasa, 14 Desember 2021.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Mendapat Masalah Jelang Laga Kontra Vietnam

Direktur Teknik Indra Shafri, mengatakan jika PSSI di bantu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura juga telah melakukan negosiasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini Kementerian Kesehatan Singapura.

Elkan sendiri sudah bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia sejak 8 Desember lalu dan mengikuti kegiatan timnas Indonesia.

“Kenapa mendadak Elkan harus di karantina? Ia sudah tiga kali menjalani tes PCR serta sudah melakukan aktivitas bersama tim dan bermain melawan Laos,” kata Indra.

Kabar terbaru, KBRI di Singapura menyatakan bahwa Elkan harus menjalani masa karantina untuk lima hari ke depan.

Kepala Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Singapura Ratna Lestari menyebut pemerintah Singapura mewajibkan Elkan karantina karena berada satu pesawat dengan penumpang positif Covid-19.

“Elkan di perintahkan karantina selama lima hari, mulai tanggal 13 Desember 2021, di hotel. Kondisinya terus di monitor dan sampai saat ini tes Elkan menunjukkan dia negatif Covid-19. Namun, dia harus tetap melewati karantina,” ujar Ratna seperti di kutip dari Antara.