Perempuan Terkaya Indonesia 2021 Versi Forbes

Marina Budiman dinobatkan sebagai Perempuan Terkaya di Indonesia tahun 2021 versi Forbes. Perempuan berusia 60 tahun ini menduduki peringkat ke-30 Orang Terkaya di Indonesia versi majalah internasional tersebut.

Dilansir dari Forbes, bahwa total kekayaan Marina Budiman mencapai US$1,5 miliar per 13 Desember 2021 atau setara dengan Rp21,5 triliun (dengan kurs US$1=Rp14.352).

Profil Marina Budiman Perempuan Terkaya di RI

Marina Budiman merupakan salah seorang pendiri dan Presiden Komisaris dari DCI Indonesia, operator pusat data terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Dengan nilai asset sekitar US$7 miliar, sekarang ini DCI menjadi salah satu perusahaan publik yang paling berharga di Indonesia.

Marina Budiman merupakan lulusan University of Toronto dan awalnya ingin menjadi bankir. Untuk mewujudkan mimpinya itu, pada 1985, Marina Budiman bekerja di Bank Bali setelah mendapatkan gelar sarjana di bidang keuangan dan ekonomi. Selama bekerja di bank Bali dia bertanggung jawab untuk menginstal perangkat lunak.

Setelah itu dia (Marina Budiman) mendirikan DCI bersama enam orang lainnya. Pertumbuhan digital di Indonesia membuat perusahaan DCI tahun ini membukukan kenaikan pendapatan sebesar 81% dan peningkatan laba 57% secara gabungan selama tiga tahun terakhir. Daftar pelanggan unggulan DCI mencakup 44 perusahaan telekomunikasi, 134 perusahaan keuangan, dan beberapa perusahaan e-commerce terbesar di Asia. Saham Marina Budiman di DCI bernilai lebih dari US$1 miliar.