Jika Pertalite dan Premium Dihapus, Berapa Harga Pertamax Saat Ini
SPBU Pertamina

TRIZNESIA.COM — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan rencana pemerintah yang tidak hanya akan menghapus bensin RON 88 jenis Premium, tapi juga bensin RON 90 jenis Pertalite.

Bagaimana perbandingan harga BBM RON 92 atau Pertamina dengan jenis BBM lainnya yang RON-nya di bawah 92 seperti Pertalite dan Premium?

Situs PT Pertamina (Persero) menunjukkan untuk saat ini harga BBM Premium dengan harga Rp 6.450 per liter di wilayah Jabodetabek. Sementara itu, Pertalite di jual dengan harga Rp 7.650 per liter.

Untuk Pertamax di banderol seharga Rp 9.000 per liter dan Pertamax Turbo yang mempunyai RON 98 di jual dengan harga Rp 12.000 per liter. Di laman mypertamina.id tertulis Pertalite adalah bahan bakar gasoline sebagai solusi perantara untuk konsumen yang saat ini menggunakan Premium.

Harga BBM RON 92 atau Pertamax yang di jual Pertamina tersebut relatif lebih murah ketimbang harga BBM yang di jual di SPBU swasta seperti Shell, misalnya. Sebagai gambaran, Shell Indonesia, menjual Shell Super yang memiliki RON 92 dengan harga Rp 12.860 per liter, dan Shell V Power (RON 95) Rp 13.500 per liter.

Baca Juga: Pemerintah Hapus Premium dan Pertalite dari Pasaran

Isu penghapusan bensin Premium ini memang bukan yang pertama. Pada beberapa tahun lalu pemerintah telah mewacanakan penghapusan bensin Premium ini, meski hingga kini belum terealisasi.

Pada Agustus lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif juga mengakui bahwa bensin Premium mulai di kurangi dan di hapus pelan-pelan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Masyarakat pun di dorong untuk mengkonsumsi BBM dengan RON yang lebih tinggi guna menekan emisi gas rumah kaca. Menurutnya, banyak negara sudah meninggalkan Premium. Saat ini, hanya tersisa empat negara yang masih memakai Premium, salah satunya Indonesia.