Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami
Gambar ilustrasi

TRIZNESIA.COM — Jerawat di wajah umumnya disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai macam kotoran yang mengundang jerawat. Masalah jerawat bisa sangat menjengkelkan dan membuat Anda tidak nyaman. Jerawat merupakan problem yang di pengaruhi kelenjar minyak pada kulit wajah.

Melansir dari Healthline, munculnya jerawat kerap disebabkan oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga. Seseorang yang tidak menjaga kebersihan wajahnya bisa berpotensi memicu timbulnya jerawat. Pasalnya, saat kebersihan wajah tidak terjaga maka pori-pori bisa tersumbat oleh minyak dan sisa kotoran yang menempel di wajah.

Sebenarnya, ada banyak obat jerawat yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa pemakaian bahan kimia bisa memperparah kondisi kulit. Tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami.

Baca Juga: Mana yang Lebih Ampuh atasi Jerawat? Acne Patch atau Acne Spot?

Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami

Air Lemon: Melansir dari Health Benefit, jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mengatasi iritasi kulit. Selain itu, jeruk lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Minyak Kelapa: Cara hilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan memakai minyak kelapa. Inflamasi atau peradangan yang muncul akibat jerawat dapat teratasi dengan baik menggunakan minyak kelapa. Tak hanya itu, bekas jerawat juga bisa di samarkan dengan rutin memakai minyak kelapa.

Madu: Madu memiliki kandungan zat yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan, seperti menghilangkan bekas cacar jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke permukaan kulit wajah dan diamkan beberapa menit, setelah itu bilas memakai air bersih secukupnya.

Bawang Putih: Selanjutnya yakni dengan menggunakan bawang putih. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur, mengandung antibakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, siapkan satu siung bawang putih dan haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat dan di amkan hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Buah Pepaya: Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian menggunakannya sebagai masker wajah dan di amkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.