Edward Tirtanata, CEO Kopi Kenangan

TRIZNESIA.COM – Kopi Kenangan saat ini mendapat suntikan modal atau pendanaan Seri C Tahap Pertama sebesar US$ 96 juta atau sebesar Rp 1,3 triliun yang menjadikan Kopi Kenangan menjadi Unicorn. 

Dalam keterangan resmi Kopi Kenangan disebutkan pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan, dengan pendanaan ini maka Kopi Kenangan menjadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Baca juga: BUMN Targetkan Proses PKPU Garuda Rampung Pertengahan 2022

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara,” katanya.

Tybourne Capital Management perusahaan modal ventura yang berbasis di Asia. Dalam menyalurkan permodalan, Tybourne selalu melakukan penelitian yang detil terkait startup yang akan didanai. Tim Tybourne ini terdiri dari perusahaan profesional yang ingin melihat perusahaan lain berkembang.

Horizons Ventures adalah perusahaan yang berbasis di Hong Kong. Biasanya memberikan pembiayaan Early Stage Venture, Late Stage Venture, Private Equity dan Seed. B Capital merupakan perusahaan modal ventura yang berbasi di Manhattan Beach, California Amerika Serikat. Kunlun perusahaan modal ventura yang berbasis di China.