Plafon Ambrol, Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Tangsel Terpaksa Belajar di Aula
Plafon ambruk di ruang kelas IX SMP Negeri 6 Tangerang Selatan sehingga menimbulkan kebocoran, Rabu 29 Desember 2021. Tempo/Muhammad Kurnianto

Triznesia.com, Tangerang — Plafon ambrol terlihat di langit-langit sebuah ruang kelas di SMP Negeri 6 Kota Tangerang, Rabu, 29 Desember 2021. Petugas keamanan SMP Negeri 6 Tangsel Ombi Romli mengatakan plafon ambrol itu bukan hanya terjadi di satu kelas. 

Ombi mengatakan ada tiga ruangan yang plafonnya rusak dan kerap bocor kalau turun hujan. “Awal mulanya dari rapuhnya plafon ruang kelas karena konstruksi bangunan yang uzur, di tambah atap kelas yang bocoran akibat hujan,” kata Ombi di SMP Negeri 6 Tangsel, Rabu siang. 

Ombi menduga plafon ambrol karena sering kebocoran saat hujan. Lubang membesar dan plafon berjatuhan ke dalam ruang kelas sehingga membahayakan siswa. 

Baca Juga: MotoGP Mandalika, Kamar Hotel di Lombok Sudah Habis Dipesan

“Ada tiga ruang kelas yang atapnya bocor dan jebol, Itu terjadi lebih dari dua tahun yang lalu, sempat di perbaiki plafonnya, tapi karena kondisi genteng dan material atap yang sudah rapuh, membuat atap kelas kembali bocor,” ujarnya, mengutip laman tempo.co.

Karena khawatir plafon ambruk menimpa siswa dan pengajar di ruang kelas, para pelajar kelas IX terpaksa menjalani aktivitas belajar di luar ruang kelas.

“Anak-anak belajar di ruangan aula terbuka yang berada di tengah sekolah agar menghindari kejatuhan material plafon yang sudah lapuk itu,” kata Ombi. 

Pihak SMP Negeri 6 Tangerang Selatan sudah menutup tangga menuju ruang kelas yang mengalami plafon ambrol itu dengan pembatas plastik yang di ikatkan di pegangan tangga sehingga siswa tidak dapat naik ke ruang kelas IX di lantai 2.