Manfaat Buah Kiwi dan Kulitnya
Buah Kiwi

Triznesia.com Manfaat Buah Kiwi dan Kulitnya. Banyak macam cara untuk memakan buah kiwi, umumnya di kupas lalu memotongnya jadi dua bagian, lalu memakan daging buahnya dengan sendok. Tapi komika Raditya Dika punya cara yang beda, menggigitnya langsung bersama dengan kulitnya, sama seperti sedang memakan buah apel.

Bagi Raditya Dika, itu adalah cara paling nikmat makan buah yang rasanya asam itu. “Emang kiwi itu paling enak di makan sama kulitnya. Jadi kita lepas stikernya dulu, ini udah di cuci tadi. Kalau gue, gue buka atasnya karena agak keras. Kulitnya ada bulu-bulu halus sedikit tapi nggak apa-apa, pas di makan nggak berasa,” kata dia dalam unggahan video di Instagram Story.

Di lansir dari Healthline via Tempo.co, ada kontroversi mengenai apakah kulitnya harus di makan atau tidak. Secara teknis, kulitnya dapat di makan, tetapi sebagian orang tidak menyukai teksturnya yang berbulu.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Manfaat Buah Kiwi dan Kulitnya

Terlepas dari itu, kulit kiwi sebenarnya mengandung konsentrasi nutrisi yang tinggi, salah satunya serat, folat, dan vitamin E. Serat merupakan nutrisi penting yang memberi makan bakteri baik di usus. Pola makan tinggi serat di sebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Makan kulit kiwi mampu meningkatkan kandungan seratnya hingga 50 persen, meningkatkan folat hingga 32 persen, dan meningkatkan konsentrasi vitamin E hingga 34 persen lebih tinggi di bandingkan dengan memakan dagingnya saja.

Meski demikian, banyak orang tak menyukainya karena teksturnya menimbulkan rasa aneh di mulut. Di tambah lagi, kulit kiwi mengandung konsentrasi tinggi asam oksalat alami, di sebut raphides, yang dapat menggores kulit lembut di dalam mulut. Goresan mikroskopis ini, di kombinasikan dengan asam dalam buah, dapat menyebabkan sensasi perih yang tidak nyaman.