Gambar Ilustrasi

TRIZNESIA.COM – Bank Indonesia telah meluncurkan Bank Indonesia Fast Payment atau BI Fast sejak 21 Desember 2021. Dengan adanya BI Fast menjadikan biaya transfer beda bank bisa lebih murah. Melalui sistem BI Fast, tarif transfer antarbank yang dikenakan kepada nasabah maksimal sebesar Rp 2.500. Tarif tersebut lebih rendah dibandingkan melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) sebesar Rp 6.500 per transaksi.

Kini BTN juga sudah menyediakan layanan BI Fast yang bisa digunakan untuk transfer dengan tarif Rp 2.500 ke bank lain. Ketentuan untuk minimum transfer beda bank dari BI Fast BTN adalah Rp 10.000 per transaksi. Sedangkan limit transfer BTN ke bank lain menggunakan BI Fast adalah Rp 100 juta per transaksi dan Rp 250 juta per hari. 

Baca juga: Cara Transfer Beda Bank Biaya Rp 2.500 dari Mandiri

Berikut cara transfer dari BTN ke bank lain dengan BI Fast BTN berbiaya Rp 2.500: 

  • Masuk ke aplikasi BTN Mobile Banking 
  • Pilih menu “Transfer” 
  • Pilih menu “Transfer ke Bank Lain” 
  • Pilih menu “BI-Fast” Nasabah punya 3 opsi Input Rekening Tujuan yaitu Input Anda Rekening Tujuan, Favorit, dan Input Proxy Address Pilih salah satu dari 3 opsi tersebut dan masukkan data yang dibutuhkan Review transaksi BI Fast Input MPIN bila sudah sesuai. Khusus untuk nasabah BTN pengguna device IOS dan Android 10 ke atas, nasabah melakukan input Mtoken yang dikirimkan via SMS Transaksi selesai. Jika berhasil, akan tampil resi “Transaksi Anda Berhasil”. Selain itu juga bisa menggunakan Proxy BI Fast BTN. 

Proxy merupakan fitur pada BI-FAST untuk membuat alias terhadap nomor rekening nasabah dengan menggunakan nomor handphone atau pun email. Proxy yang dapat dipergunakan pada BI-Fast adalah nomor handphone atau email yang terdaftar di Data CIF Bank. Satu proxy/alias hanya dapat digunakan untuk satu rekening.

Berikut cara pendaftaran Proxy Address BI Fast BTN: 

  • Masuk ke aplikasi BTN Mobile Banking 
  • Pilih menu “Layanan Nasabah” 
  • Pilih menu “Registrasi” 
  • Pilih menu “Proxy BI Fast” 

Pilih jenis Proxy yang akan didaftarkan (email/no handphone). Email/handphone yang diinput harus telah terdaftar data nasabah. Alamat email diinput dengan huruf kapital Input ID Proxy Pilih No Account yang akan didaftarkan Proxy Review transaksi BI Fast Input MPIN bila sudah sesuai. Khusus untuk Nasabah BTN pengguna device IOS dan Android 10 ke atas, Nasabah melakukan input Mtoken yang dikirimkan via SMS Transaksi selesai. Jika berhasil, akan tampil resi Transaksi Anda Berhasil.