Detik-detik saat tebing runtuh dan menghantam wisatawan yang berada di sekitar area tersebut

TRIZNESIA.COM – Hari ini media sosial kembali di ramaikan oleh sebuah video yang menampilkan detik-detik runtuhnya dinding tebing. Dalam video yang beredar tersebut, di bawah tebing itu tampak beberapa wisatawan sedang menikmati pemandangan sekitar sambil menaiki perahu. Namun, tiba-tiba bagian dari dinding tebing itu mengeluarkan tanda akan runtuh.

Di kutip dari CNN, sedikitnya tujuh orang tewas setelah sebuah batu besar jatuh di atas beberapa kapal wisata di Danau Furnas di Capitólio di negara bagian Minas Gerais, Brasil, pada Sabtu (8/1/2022).  Selain korban tewas, tiga orang masih belum di temukan tetapi upaya penyelamatan di hentikan Sabtu malam karena kurangnya penerangan di lokasi. 

Evakuasi akan di lanjutkan Minggu (9/1/2022) pukul 5 pagi waktu setempat, kata Pedro Aihara, juru bicara Pemadam Kebakaran Minas Gerais. Aihara mengatakan 23 dari 32 orang yang di rawat di Santa Casa de Capitólio dengan luka ringan telah di pulangkan.

Baca juga: Kini Transfer Antar Bank di BCA Hanya Rp. 2500, Bagaimana Caranya?

Sementara dua lainnya di rawat di Santa Casa di kotamadya Piumhi dengan kondisi patah tulang.  Upaya penyelamatan akan berlanjut setidaknya hingga Senin (10/1/2022). Aihara, menambahkan bahwa korban yang terperangkap di bawah batu berpotensi memperpanjang durasi pekerjaan itu. 

Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga mengatakan Angkatan Laut mengerahkan tim pasukan bantuan untuk bergabung dalam upaya pencarian dan penyelamatan. Negara bagian Minas Gerais, daerah yang terkurung daratan di tenggara Brasil, baru-baru ini juga mengalami hujan lebat.

Pada hari Jumat (7/1/2022), Institut Meteorologi Nasional Brasil mengeluarkan peringatan merah untuk Minas Gerais. Institut Meteorologi Nasional Brazil memproyeksikan lebih dari 100 milimeter curah hujan setiap hari selama setidaknya empat hari. Hujan deras yang menyebabkan batu itu lepas di Danau Furnas, menurut Romeu Zema, gubernur Minas Gerais.

“Saya berdiri dalam solidaritas dengan keluarga pada saat yang sulit ini,” tulis Zema di Twitter. “Kami akan terus bertindak untuk memberikan perlindungan dan dukungan yang di perlukan,” kata dia.  

Sebuah video yang di posting di media sosial menunjukkan turis di kapal lain di Danau Furnas berteriak “keluar dari sana” tepat sebelum batu itu jatuh. Melansir NBC News, Komandan Depertemen Pemadam Kebakaran Negara Bagian Minas Gerais, Edgard Estevo menuturkan, sebanyak 20 orang mungkin hilang dan para pejabat sedang berusaha mengidentifikasi mereka. Estevo mengatakan, kecelakaan itu terjadi antara kota Sao Jose da Barra dan Capitolio, tempat kapal-kapal itu pergi. Pemadam kebakaran juga telah mengerahkan penyelam dan helikopter untuk membantu. Sementara Gubernur Minas Gerais Romeu Zema mengirimkan pesan solidaritas kepada para korban melalui media sosial.