Penyebab Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seks
Gambar Ilustrasi

Triznesia.com – Penyebab Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seks dapat di sebabkan oleh banyak hal, termasuk infeksi, trauma vagina karena kurang pelumas, polip serviks, menopause, dan kanker.

Sebagaimana di lansir Healthline, Penyebab Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seks secara medis di kenal sebagai pendarahan postcoital. Kondisi ini bisa terjadi pada orang di segala usia baik muda mau pun tua.

Ada beberapa penyebab umum yang bisa Anda hindari jika perdarahan setelah berhubungan seksual sering terjadi. Mari kita simak di bawah ini Penyebab Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seks.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Dari Penyakit

Infeksi

Ada beberapa infeksi yang bisa menyebabkan vagina berdarah setiap kali seks di lakukan. Misalnya, infeksi menular seksual (IMS), servisitis, hingga vaginitis.

Sindrom genitourinari menopause (GSM)

GSM sebelumnya di kenal sebagai atrofi vagina. Hal ini terjadi pada mereka yang mengalami perimenopause dan menopause serta mereka yang ovariumnya sudah di angkat.

Semakin bertambah usia, terutama saat periode menstruasi berhenti, tubuh bisa menghasilkan lebih sedikit estrogen.

Estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur sistem reproduksi Anda. Saat kadar estrogen lebih rendah, beberapa hal terjadi pada vagina Anda. Tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit pelumasan vagina, sehingga vagina bisa menjadi kering dan meradang.

VAGINA Kering

Vagina kering bisa menyebabkan pendarahan. Jika Anda tidak cukup basah saat seks, perdarahan bisa terjadi saat rasa sakit tiada tara di rasakan ketika penetrasi dilakukan

KB

Salah satu manfaat utama dari kontrasepsi hormonal adalah kemampuan untuk mengatur siklus Anda. Tetapi hampir semua jenis kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan bercak setelah berhubungan seksual.

Vaginosis bakteri atau infeksi jamur

Menurut laporan Health, dua jenis infeksi ini memang umum terjadi. Di perkirakan, tiga dari empat wanita akan mengalami setidaknya satu dalam hidupnya. Namun demikian, pendarahan bukanlah gejala paling umum vaginosis bakteri atau infeksi jamur.

Mereka biasanya di tandai dengan perubahan warna atau bau keputihan serta ketidaknyamanan vagina seperti gatal berkepanjangan.

Kanker Serviks

Berdarah saat berhubungan seks adalah gejala utama kanker serviks. Pendarahan biasanya ringan dan tidak menyakitkan. Ini karena sifat vaskular kanker serviks dan gesekan seks dapat mengiritasi jaringan dan menyebabkan pendarahan.

Berita Kesehatan

Penyebab Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seks