Gambar Ilustrasi

TRIZNESIA.COM – Semula seragam satuan pengamanan (satpam) yang berwarna putih-biru tua berubah menjadi warna coklat mirip seperti polisi. Perubahan seragam satpam tersebut di mulai pada September 2020. Alasan seragam satpam di ubah agar dapat menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri. 

Sehingga, warna coklat juga dipilih karena warna tersebut dinilai netral dan identik dengan warna-warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu. Namun, baru-baru ini ada wacana seragam satpam akan diganti lagi. Apa alasannya?

Alasan Perubahan Seragam Satpam

Saat ini kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tengah memproses perubahan warna seragam satpam dari warna coklat muda ke warna krem. Alasan perubahan ini diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. Dia mengatakan, perubahan ini dilakukan karena warna seragam satpam terlalu mirip polisi, sehingga dapat membingungkan masyarakat. 

“Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam,” kata Ramadhan. Alasan lainnya adalah satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Oleh karena itu, satpam perlu memiliki identitas sendiri.

Rencana perubahan pada Desember 2022, Ramadhan mengungkapkan, perubahan warna seragam satpam menjadi krem akan dikenalkan saat hari ulang tahun (HUT) satpam, yakni pada bulan Desember. Nantinya, pemberlakuan penggunaan seragam baru satpam setelah semua proses pengkajian selesai. Perubahan warna menjadi krem dikatakan Ramadhan masih dalam proses pengkajian. 

“Masih dalam proses pengkajian warna baju coklat muda akan berubah menjadi warna krem,” ujar Ramadhan, Kamis (13/1/2022). 

Sebelumnya ketentuan yang mengatur tentang seragam satpam yang diubah adalah Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Peraturan itu diteken oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Jenderal Idham Azis, pada 5 Agustus 2020. Aturan belum genap berusia dua tahun, tetapi Polri kembali berenacana mengubah kembali warna seragam satpam