Perjuangan Ikan Salmon yang Panjang dan Menakjubkan
Ikan salmon

Triznesia.com – Siapa yang tidak tahu dengan Ikan Salmon, selain perjuangan ikan salmon yang menakjubkan, kita juga tau manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang pernah kita ulas sebelumnya. Kali ini kita akan mengulik kisah perjuangan ikan ini yang sangat menakjubkan.

Berikut ini Perjuangan Ikan Salmon yang Panjang dan Menakjubkan

Salmon bertelur di hulu sungai

Ikan salmon hidup antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Tetapi hidup ikan salmon di mulai pada hulu sungai di pegunungan es daratan Amerika. Salmon dewasa umumnya bisa bertelur sampai ribuan telur, tetapi hanya separuhnya saja yang bisa menetas.

Benih salmon hidup setahun di sungai

Setelah menetas, benih ikan salmon akan menjalani hidup selama setahun di dasar sungai yang berkerikil dengan memakan plankton. Ketika musim semi tiba ikan salmon yang berusia 1 tahun membentuk koloni dan akan melakukan imigrasi ke laut untuk menuju Samudra Pasifik.

Ikan salmon melakukan perjalanan menuju samudra

Perjalanan ikan salmon menuju samudra pun tidaklah mudah. Pada tahun pertama ini ikan salmon sudah di hadapkan oleh berbagai predator seperti hewan bahkan kita manusia.

Salmon dewasa hidup antara 4 sampai 7 tahun

Akhirnya salmon dewasa yang berhasil melakukan perjalanan hingga ke samudra dengan selamat. Salmon akan hidup dan berpetualang di Samudra Pasifik selama 4-7 tahun. Salmon hidup di perairan samudra yang luas dan dingin. 

Perjalanan ikan salmon menuju sungai

Salmon yang siap untuk bereproduksi akan kembali ke hulu sungai dengan berkoloni. Perjalanan pulang tidaklah mudah banyak rintangan yang harus di hadapi harus berenang melawan arus dan berenang melewati air terjun. Selain itu, ikan salmon harus menghadapi predator seperti elang, beruang, bahkan manusia. Migrasi yang menempuh jarak panjang juga membuat ikan salmon harus berpuasa selama berbulan-bulan, karena perjalanan yang sulit membuat mereka tidak sempat untuk makan.

Cadangan lemak yang ada di tubuh salmon merupakan satu-satunya energi untuk tetap melanjutkan perjalanan ke sungai. Bahkan lemak pada tubuhnya membuat perubahan sisik pada ikan salmon. Namun dari ribuan salmon yang bermigrasi tidak banyak ikan yang selamat banyak yang terjerat jaring ataupun kelelahan hingga di makan elang. 

Kembali mati di hulu sungai

Ikan salmon yang selamat dan dalam keadaan lelah akan segera menggali tanah di dasar sungai sedalam 25-30 cm untuk tempat menyimpan telur, telur ikan salmon berkisar 3000-8000 butir setelah itu akan di buahi oleh ikan salmon jantan. Usai bertelur salmon dewasa akan mati di hulu sungai akibat kelelahan setelah melakukan perjalanan panjang.

Nah, itulah beberapa kisah tentang perjuangan hidup ikan salmon yang menakjubkan, tidak salah jika harga ikan satu ini terkenal sangat mahal.  

Berita Terbaru

Perjuangan Ikan Salmon yang Panjang dan Menakjubkan