Senin, Desember 6, 2021

Bali Akan Batasi Kunjungan Wisatawan Saat Natal dan Tahun Baru

Desain-tanpa-judul-1-1024x576 Bali Akan Batasi Kunjungan Wisatawan Saat Natal dan Tahun Baru
Pulau Bali

Triznesia.com – Pemerintah Provinsi Bali berencana membatasi kunjungan wisatawan dari luar negeri untuk meminimalisir penularan Virus Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022. Karena di akhir tahun kemarin sempat terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan strategi untuk mencegah adanya lonjakan kunjungan wisatawan yang bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19 pada masa libur Natal dan Tahun Baru. Salah satunya dengan membatasi kunjungan wisatawan mancanegara maksimal 1.500 orang per hari di masa itu.

“Itu salah satu antisipasi untuk mencegah gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di Bali,” kata Bagus, Senin, 15 November 2021.

Saat ini Bali memang sudah menerima wisatawan mancanegara sejak 14 Okber lalu. Akan tetapi, itu juga terbatas dan hanya untuk 19 negara saja, itupun harus melalui proses karantina terlebih dahulu.

Secara terpisah, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengatakan pihaknya terus mengawasi penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata setelah pemerintah mengizinkan pembukaan kembali tempat pariwisata di Bali. Menurutnya, pengelola objek wisata di daerahnya umumnya sudah menyiapkan masker serta aturan jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 dalam kegiatan pariwisata.

Pengelola juga menerapkan aplikasi PeduliLindungi di Bali untuk memastikan status kesehatan wisatawan. “Apalagi saat ini sudah ada aplikasi PeduliLindungi, masuk objek tambah ketat. Karena semua pakai HP, orang itu dicek sudah divaksin atau belum, kalau sudah divaksin dua kali bisa masuk,” kata Sanjaya.

SourceTempo.co

RELATED ARTICLE

Latest Articles