Senin, Desember 6, 2021

Mau Melancong Ke Eropa? Ini Syarat Yang Harus Anda Penuhi

eropa Mau Melancong Ke Eropa? Ini Syarat Yang Harus Anda Penuhi
Ilustrasi

Triznesia.com, JAKARTA – Indonesia pada 18 November 2021 keluar dari zona merah Uni Eropa setelah perkembangan positif situasi epidemiologis di Indonesia pada belakangan ini. Ini artinya, WNI dapat melakukan perjalanan non-esensial ke Uni Eropa. Sebelumnya, perjalan WNI ke wilayah Uni Eropa, hanya untuk alasan penting (esensial) saja.

Tetapi, Kedutaan Besar RI di Belgia dalam keterangannya mengatakan kemudahan untuk memasuki wilayah Uni Eropa sekarang ini bagi WNI bukannya tanpa syarat. Melancong ke negara anggota Uni Eropa tetap wajib membutuhkan visa dan bukti vaksin virus corona.

Baca Juga: Bill Gates Prediksi Berakhirnya Pandemi Covid-19

Vaksin yang secara umum di terima oleh Uni Eropa adalah vaksin yang sesuai anjuran European Medicine Agency (EMA), yaitu vaksin merek Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Johnson&Johnson.

Uni Eropa belum mengakui vaksin Sinovac yang digunakan di Indonesia, tetatpi sedikitnya terdapat 9 negara di Eropa yang menerima vaksin Sinovac seperti Belanda, Austria, Siprus, Finlandia, Yunani, Islandia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Selain itu, WNI yang melakukan perjalanan ke Uni Eropa tetap perlu melakukan tes PCR dengan hasil negatif Covid-19, yang masa berlakunya maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Karantina mandiri masih berlaku di negara-negara Eropa, namun durasinya tergantung negara yang dituju.

Berbeda dengan di Indonesia, Eropa saat ini telah memasuki gelombang ke-empat. Banyak negara di Eropa yang saat ini kembali menjadi zona merah seperti Belgia, Austria, Belanda, Swiss, Slovakia, Serbia, Kroasia. Belanda bahkan telah menerapkan partial lockdown sejak minggu lalu.

RELATED ARTICLE

Latest Articles