Senin, Desember 6, 2021
Categories:

Xi Jinping Ajukan Syarat Jika Ingin Bekerja Sama Dengan AS

Presiden-China-Xi-Jinping-1024x576 Xi Jinping Ajukan Syarat Jika Ingin Bekerja Sama Dengan AS
Presiden China Xi Jinping

Triznesia.com – Menjelang bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara daring, Presiden China Xi Jinping berbicara China siap bekerja sama dengan Amerika. Tetapi ia menegaskan bahwa kerja sama itu di landasi atas dasar saling menghormati.

Beijing biasanya menggunakan istilah “saling menghormati” dalam menghimbau komunikasi yang lebih baik dengan AS.

“Saat ini, hubungan China dan Amerika berada di titik yang kritis,” ucap Xi Jinping, menurut surat yang di tujukan kepada Komite Nasional Hubungan AS-China, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di New York.

“Kedua negara akan mendapatkan keuntungan dari kerja sama dan kekalahan dari konfrontasi. Kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat,” sambung Jinping.

“Mengikuti prinsip-prinsip saling menghormati, hidup berdampingan dengan damai, dan bekerjasama yang saling menguntungkan, China siap bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk meningkatkan pertukaran dan kerja sama di seluruh bidang,” menurut surat tersebut seperti di kutip dari CNBC, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Chinatown Food Street Tutup Akibat Dampak Pandemi COVID-19

Surat tersebut di bacakan dalam bahasa Inggris oleh duta besar China untuk AS, Qin Gang, selama gala tahunan Komite Nasional Hubungan AS dan China.

Jinping juga mengatakan jika China ingin bekerjasama dengan AS untuk mengatasi masalah regional dan internasional serta tantangan global.

Dia juga mengatakan jika kedua negara perlu mengelola perbedaan dengan benar, untuk membawa hubungan China-AS kembali ke jalur yang benar dari perkembangan yang sehat dan stabil.

RELATED ARTICLE

Latest Articles