Senin, Desember 6, 2021
Categories:

3 Raksasa Teknologi Kena Hukuman Dari Xi Jinping

Presiden-China-Xi-Jinping-1 3 Raksasa Teknologi Kena Hukuman Dari Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping (Foto: Getty Images)

TRIZNESIA.COM – Peraturan Negara China di bawah Presiden Xi Jinping terhadap para perusahaan teknologi semakin keras dan sampai saaat ini.

Baru baru ini regulator Pasar China mendenda Alibaba, Baidu dan JD.com karena tidak mengumumkan 43 kesepakatan pada pihak berwenang. Tiga raksasa teknologi itu di tuduh melanggar undang-undang anti monopoli.

Melansir CNBC Internasional, Sabtu (20/11/2021), perusahaan yang terlibat dalam kasus di denda masing-masing 500.000 Yuan atau US$ 78.000 setara Rp 1,1 miliar (Kurs Rp 14.000/US$) maksimal, menurut undang-undang anti monopoli China tahun 2008.

Tetapi Alibaba, Baidu, JD.com dan Geely belum merespons permintaan komentar yang diminta CNBC. Namun China memang di kabarkan semakin ketat pada perusahaan platform teknologi mereka.

Baca Juga: Xi Jinping Ajukan Syarat Jika Ingin Bekerja Sama Dengan AS

Kesepakatan yang di permasalahkan adalah soal akuisisi pada tahun 2012 yang melibatkan Baidu dan mitranya. Di sisi itu yang terbaru adalah kesepakatan 2021 antara Baidu dan produsen mobil China Zhejiang Geely Holdings untuk menciptakan perusahaan kendaraan energi hijau.

Kesepakatan lain, yang di kutip dari Adiministrasi Pengawasan Pasar China adalah termasuk akuisisi Alibaba pada tahun 2014 atas perusahaan pemetaan dan navigasi digital China, Auto Navi dan pembelian 44% saham Ele.me pada 2018. Sehingga Alibaba menjadi pemegang saham terbesar layanan pengiriman makanan itu.

Pada bulan Desember tahun lalu, regulator China juga mendenda Alibaba, Tencent dan Shenzen Hive Box masing-masing 500.000 Yuan karena tidak melaporkan kesepakatan masa lalu dengan benar.

RELATED ARTICLE

Latest Articles