Senin, Desember 6, 2021
Categories:

Kamala Harris Sempat Jadi Presiden AS

978386_720 Kamala Harris Sempat Jadi Presiden AS
Joe Biden, Presiden Amerika Serikat

Triznesia.com – Joe Biden, Presiden Amerika Serikat pada hari Jumat (19/11) secara singkat menyerahkan kekuasaannya kepada Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, saat ia harus menjalani kolonoskopi. Kolonoskopi merupakan pemeriksaan endoskopi usus besar dan bagian distal usus kecil dengan kamera CCD atau kamera serat optic pada tabung fleksibel yang melewati anus. Hal ini dapat memberikan diagnosis visual dan memberikan kesempatan untuk biopsy atau pengangkatan lesi kanker kolorektal yang dicurigai.

Penyerahan kekuasaan itu menjadikan Harris perempuan pertama yang mengambil alih jabatan presiden dalam sejarah AS. Joe Biden yang berasal dari Partai Demokrat, pada Jumat pukul 10.10 waktu setempat (22.10 WIB) mengabarkan kepada Kongres soal penyerahan kekuasaan tersebut, kata Gedung Putih.

Namun, Jabatan presiden kembali dipegang Biden pada 11.35 waktu setempat, kata Gedung Putih. Atau hanya 1 jam 25 menit Haris menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat. Sang presiden pada Jumat menjalani pemeriksaan fisik secara rutin di rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington.

Baca juga : Keluhan Pembalap WSBK Soal Sirkuit Mandalika

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan bahwa usai menjalani pemeriksaan Biden menghubungi Kamala Harris dan kepala staf Gedung Putih, Ron Klain. Penyerahan kekuasaan itu sendiri berlangsung saat Biden sedang menjalani prosedur anestesi dalam rangka kolonoskopi.

Selama masa jabatannya kata Psaki, Harris bekerja dari kantornya di West Wing di Gedung Putih. Harris merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai wakil presiden AS. Selama 250 tahun sejarah AS, belum pernah ada perempuan yang menjadi presiden.

Masa penyerahan kekuasaan singkat dari Biden kepada Harris itu, meskipun bersejarah, tidak dihitung sebagai kenyataan bahwa seorang perempuan menjabat sebagai presiden AS, menurut Debbie Walsh, direktur lembaga penelitian Center for American Women and Politics.

Namun, kata Walsh, peristiwa pada 19 /11/21 itu memperkuat kenyataan bahwa “untuk pertama kalinya seorang perempuan menjadi orang nomor satu di garis pergantian kepemimpinan.” Amendemen ke-25 Konstitusi AS mengatur proses penyerahan kekuasaan oleh presiden ketika sang presiden tidak mampu menjalankan tugasnya.

Baca juga : Digitalisasi Koperasi dan UMKM Penting Untuk Ekonomi Indonesia

Sebelumnya, AS juga pernah mengalami pemindahan kekuasaan dari presiden kepada wakil presiden, yaitu ketika Presiden George W. Bush menjalani kolonoskopi pada 2002 dan 2007.

Joe Biden, yang berulang tahun ke-79 (20/11), merupakan orang tertua yang menjadi presiden AS sehingga kondisi kesehatannya menjadi perhatian pemerintahan. Kendati spekulasi terus bergulir soal apakah ia akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden pada pemilihan 2024, Biden mengatakan bahwa dirinya berharap bisa terpilih lagi untuk masa jabatan kedua.

Biden telah menjanjikan publik bahwa ia akan lebih terbuka soal keadaan kesehatannya dibandingkan sikap yang ditunjukkan pendahulunya, Donald Trump. Trump, yang berasal dari Partai Republik, pada 2019 mendatangi RS Waler Reed tanpa memberikan alasan.

Mantan juru bicaranya, Stephanie Grisham, kemudian mengungkapkan bahwa Trump saat itu sebenarnya datang di Walter Reed untuk menjalani kolonoskopi.

RELATED ARTICLE

Latest Articles