Senin, Desember 6, 2021

Mana yang Lebih Ampuh atasi Jerawat? Acne Patch atau Acne Spot?

Mirelle-Acne-Spot-1024x1024 Mana yang Lebih Ampuh atasi Jerawat? Acne Patch atau Acne Spot?
Mirelle Acne Spot (Shopee sabohstore.id)

TRIZNESIA.COM – Jerawat merupakan permasalahan kulit yang dapat terjadi pada siapapun. Meskipun tidak berbahaya, permasalahan kulit ini membuat tidak nyaman dan juga merusak penampilan. Untuk itu banyak orang melakukan segala cara untuk mengatasi jerawat, termasuk mencoba berbagai produk skincare yang mengklaim dapat mengatasi jerawat. 

Acne patch dan acne spot merupakan produk kecantikan yang paling digemari untuk mengatasi jerawat saat ini. Kedua produk ini dinilai lebih ampuh karena bekerja langsung pada spot jerawat tanpa mengganggu bagian kulit lainnya. Sayangnya masih banyak yang belum mengerti perbedaan dan cara penggunaan dari kedua produk ini. 

Baca juga : Kenapa sih kita harus pakai Skincare?

Perbedaan antara Acne Patch dan Totol Jerawat

Sebelum mengetahui tentang cara kerja antara acne patch dan acne spot, kita perlu tahu apa itu kedua produk tersebut. Acne patch atau ada juga yang menyebutnya pimple patch merupakan produk jerawat yang berbentuk stiker biasanya berbentuk bulat dan transparan, tetapi banyak juga yang memiliki bentuk unik dengan warna yang cantik. Berbeda dengan acne spot yang biasanya berbentuk krim atau gel yang kental.

Keduanya juga memiliki cara kerja yang berbeda, acne patch bekerja dengan cara menyerap kelebihan minyak dan kotoran, kemudian mengubahnya menjadi zat seperti gel yang menempel di stiker. Stiker transparan akan berubah menjadi putih setelah beberapa jam ditempel. Hal ini berarti kelebihan minyak dan kotoran dalam jerawat telah terserap. 

Berbeda dengan acne patch, totol jerawat atau spot treatment selalu diformulasikan dengan bahan aktif seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, cortisone, ataupunsulfur. Kandungan ini memiliki fungsi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengeringkan minyak. Untuk itu setelah menggunakan produk kecantikan ini akan membuat jerawat cepat kering dan kulit bekas jerawat mengelupas.

Kelebihan dan Kekurangan Acne Patch dan Totol Jerawat

Diklaim ampuh untuk atasi jerawat, tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Acne patch aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk sensitif, berbeda dengan totol jerawat yang lebih baik dihindari oleh pemilik kulit sensitif karena kandungannya dapat membuat kulit kering dan resiko iritasi lebih tinggi. 

Kelebihan dari acne patch juga dapat menghindari kita dari kotoran yang menempel atau keinginan untuk memencet jerawat. Sayangnya acne patch kurang efektif digunakan pada jerawat yang baru muncul, berbeda dengan totol jerawat yang dapat digunakan pada jerawat yang baru muncul ataupun telah lama. Harga dari acne patch juga lebih mahal karena isinya lebih sedikit. 

Baca juga : Tips Menggunakan Serum Agar Dapat Bekerja Dengan Optimal

Acne Patch vs Totol Jerawat

Kelebihan acne patch yang memiliki formula lebih lembut dan juga dapat menghindari kita dari memencet jerawat akan lebih efektif dalam mengatasi jerawat yang telah matang ataupun memiliki tonjolan putih. Sedangkan totol jerawat yang diformulasi dengan berbagai kandungan skincare untuk membunuh bakteri dan juga menyerap minyak lebih efektif digunakan untuk jerawat yang baru muncul sehingga tidak menyebabkan noda hitam. 

Kedua jenis produk ini juga lebih baik digunakan saat malam hari terutama totol jerawat karena dapat membuat kulit terkelupas. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunblock atau sunscreen pada siang hari untuk menghindari iritasi karena sinar matahari.

RELATED ARTICLE

Latest Articles