Senin, Desember 6, 2021

Ini Bumbu Dapur yang Mampu Kurangi Kecanduan Gula

rempah-rempah Ini Bumbu Dapur yang Mampu Kurangi Kecanduan Gula
Ilustrasi

TRIZNESIA.COM – Bumbu dapur atau rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk masak rupanya mempunyai kandungan manfaat untuk kesehatan. Salah satunya mengurangi kecanduan gula yang bisa menimbulkan diabetes.

Jika menyadari bahwa hidup sudah ‘ketergantungan’ dengan makanan manis, maka perlu ada cara untuk bisa mengurangi hasrat tersebut.

Mengutip dari Hindustantimes, gula memiliki efek yang sama pada otak sebagai addictive drug dan jika menghilangkan gula dari diet secara tiba-tiba, hal ini akan menimbulkan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, suasana hati yang buruk, maupun kram.

“Gula rafinasi meningkatkan risiko peradangan, kanker, mikrobioma dan disregulasi usus, obesitas, diabetes, dan mempercepat penuaan sel! Gula rafinasi juga bekerja pada sirkuit yang sama di otak yang terkena banyak obat-obatan terlarang,” ujar Kanchan Koya, biomedis dari Universitas Harvard, Pelatih Kesehatan dari Institut Nutrisi Integratif dikutip dari Hindustantimes, pada Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Deteksi Serangan Jantung Bisa dari Bagian Tubuh Ini

Ketika menikmati makanan manis, kadar gula darah meningkat sehingga memicu pelepasan insulin dalam tubuh untuk menurunkannya. Dari aktivitas pelepasan insulin, kadar gula darah Anda mungkin turun lebih rendah dari yang dibutuhkan dan tubuh akhirnya ingin lebih banyak makanan manis.

Guna mengurangi keinginan untuk konsumsi gula ke tingkat yang lebih sehat, bisa dengan bantuan bumbu atau rempah dapur yang memiliki efek anti-inflamasi dan bersifat mengatur insulin.

“Sifat anti-inflamasi dari makanan yang tumbuh di bumi dapat membantu memulihkan sensitivitas insulin dan memungkinkan biokimia otak bergeser sehingga hormon kenyang seperti leptin bekerja dengan baik.”

Berikut ini beberapa rempah yang disarankan oleh pakar kesehatan Harvard tersebut. Rempah-rempah ini dipercaya dapat membantu meredam hasrat konsumsi gula.

1. Lada Hitam

Lada hitam memiliki piperin anti inflamasi atau peradangan.

2. Ketumbar

Ketumbar dikenal mampu meningkatkan sekresi insulin dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada sel penghasil insulin.

3. Kapulaga

Kapulaga mengurangi kebutuhan gula tambahan.

4. Sumac

Sumac mampu menghentikan peradangan dengan berbagai cara.

5. Kunyit

Kunyit diketahui dapat mengekang peradangan dan mendukung integritas lapisan usus.

6. Pala

Pala sudah sejak lama dikenal memiliki kandungan anti inflamasi.

7. Cabai Rawit atau Paprika

Cabai Rawit atau Paprika memiliki capsaicin yang mengurangi peradangan, meningkatkan bakteri baik di usus kita

RELATED ARTICLE

Latest Articles