Senin, Desember 6, 2021
Categories:

NASA Sukses Luncurkan Pesawat Penabrak Asteroid

Double-Asteroid-Redirection-Test NASA Sukses Luncurkan Pesawat Penabrak Asteroid
Ilustrasi

TRIZNESIA.COM – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah sukses meluncurkan pesawat luar angkasa Double Asteroid Redirection Test (DART) untuk misi uji coba penyelamatan Bumi dari Asteroid. Pesawat DART meluncur pada Selasa (23) malam pukul 22:20 waktu setempat dari Space Launch Complex 4 di Vandenberg Space Force Base, California, AS.

DART menunggangi roket Spacex Falcon 9 untuk menembus atmosfer Bumi. Setelah hampir sembilan menit lepas landas, roket Falcon 9 sukses kembali dengan mendarat di kapal yang berada di Samudra Pasifik. Pendaratan di laut ini juga menandai ke-95 kalinya SpaceX berhasil memulangkan roket pendorongnya ke Bumi.

Baca Juga: NASA Merilis Sebuah Video Pemandangan Planet Mars

DART saat ini sedang melakukan perjalanan untuk melakukan uji coba pertahanan Bumi dari ancaman asteroid. Misi ini bertujuan untuk mencoba mempelajari bagaimana mematahkan ancaman yang akan datang ke Bumi.

Asteroid yang menjadi incaran DART adalah Didymos yang mengelilingi tepat di luar jalur orbit Bumi. Pesawat tersebut akan mencapai targetnya antara akhir September atau awal Oktober tahun depan. NASA telah menghabiskan dana untuk proyek paling ambisius DART sekitar 330 juta dolar AS (Rp 3,4 triliun), jauh di bawah banyak misi lainnya.

Begitu pesawat DART tiba di sana, ia akan menabrakkan dirinya ke asteroid pendamping Didymos yang punya ukuran lebih kecil, yakni moonlet Dimorphos. Saat itu, DART akan melaju dengan kecepatan sekitar 6,6 km/detik atau 24.100 km/jam.

SourceKumparan

RELATED ARTICLE

Latest Articles